8.19.2014

[Numpang] Beli Logam di Antam

Berawal dari ucapan temen yang bilang “Ah,,,beli emas di Antam ribeut Wo, harus nyerahin KTP plus lama pula proses nya”. Nah,,akhirnya saya penasaran dan berniat untuk nyoba berkunjung ke Antam. Sebenernya niat buat berkunjung kesana udah lama bengetttt namun belum kesampean aja, nah…berhubung si Mr.R lagi ada workshop di Korea, alhasil abis nempelin “ibu jari” tanda dah masuk kantor, langsung berangkat deh menuju TKP.


Antam yang saya tuju adalah Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia yang berlokasi di Jl. Pemuda – Jl.Raya Bekasi Km.18, Pulogadung. Dimana lokasinya??? Letaknya di dekat  pintu masuk Kawasan Industri Pulogadung arah ke terminal Pulogadung. Sebelum menuju TKP alangkah baiknya cek dulu harga emas batangan di http://www.logammulia.com/gold-bar-id.php .

Rute

Oke,,berhubung saya pengguna setia Transjakarta, jadi saya naik Transjakarta(qta singkat jadi TJ) menuju TKP. Dari kantor di daerah Pancoran naik TJ arah PGC/Pinang Ranti transit di BNN. Selanjutnya naik TJ arah Harmoni/Ancol transit (lagi) di Matraman I. Nah,,dari Matraman I jalan ke Matraman II tunggu TJ yang ke arah Pulogadung, turun di shelter Tugas (shelter ke-10 setelah Matraman II). Keluar shelter ambil arah kanan, dibawah udah banyak tukang ojek yang lagi kongkow. Tapi nggak usah naik ojek karna setelah ketemu deretan tukang ojek, ambil arah ke kiri atau arah terminal Pulogadung dan taraaaaaa….Kantor Antam ada di pojok tak jauh dari pertigaan dan diseberang ada Tugu masuk Kawasan Industri Pulogadung.

Saatnya Masuk…

Catatan : Pintu Gerbang Antam selalu tertutup, klo udah sampe depan gerbang lemparkan senyum kepada bapak satpam, dan bapak satpam secara otomatis akan membukakan pintu gerbang. Di pos satpam ini bapak satpam akan menanyakan tujuan kita datang, kemudian sebagai jaminan, kita menyerahkan KTP (tenang aja,,,ini hanya untuk sementara). Bapak satpam akan memberikan formulir dan nomor antrian pembelian. Lanjut masuk, tempat pembelian ada di sebelah kiri.



TAHAP I : PEMBELIAN

Untuk tahap pembelian, disediakan 3 meja transaksi yaitu 1A, 2A dan 3A. Kita tinggal menunggu panggilan nomor antrian yang sudah diberikan oleh bapak satpam.
1.      Untuk yang pertama kali melakukan transaksi pembelian di Antam akan dilakukan registrasi atau pendataan, cukup serahkan fotocopy KTP sebagai data awal.
2.       Kemudian sebutkan jumlah logam mulia yang akan dibeli, selanjutnya ke tahap Pembayaran.

TAHAP II : PEMBAYARAN

Karna saya memilih membayar secara tunai, maka dari meja transaksi akan diberikan no antrian untuk melakukan pembayaran di loket 5D. Setelah menunggu beberapa saat, nomer saya dipanggil dan segera menuju loket 5D. Di loket pembayaran ini terdapat meja dengan lorong dibagian tengah untuk tempat transaksi penyerahan uang ke petugas. Selesai transaksi pembayaran tahap selanjutnya ke loket pengambilan barang.

TAHAP III : PENGAMBILAN BARANG

Loket pengambilan barang terletak di deretan belakang yaitu loket 8 dan 9, bentuknya seperti bilik (ruang tertutup). Selesai melakukan pembayaran, nanti akan diberikan faktur yang selanjutnya diserahkan ke dalam bilik/loket pengambilan barang dan nanti petugas loket akan menyerahkan no antrian pengambilan barang sementara petugas menyiapkan barang yang kita beli. Setelah menerima barang berupa logam mulia, cek no id pada logam mulia dan no id pada sertifikat pastikan keduanya memiliki nomor yang sama.

Ok… waktu berkunjung ke Antam selesai saatnya kembali ke kantor dan jangan lupa sebelum pulang ambil kembali KTP di Pos Jaga.




Selamat berbelanja di Antam…


1 komentar: